Sekilas info Semtex

Abis nonton “TRAITOR”..ada yg udah nonton? Gue bukannya mau bahas filmya bagus atau jelek krn gue bukan kritikus film. Di film itu banyak aksi ledakan yang katanya pake bahan SEMTEX. Sebenarnya gue sering nonton film action yg cerita ada ledakan yg pake bahan semtex..nah sekarang gue mau nulis apa sih semtex itu?

Tapi gue jadi ragu karena untuk nge-post tulisan ini..jangan-jangan ntar nasib gue kayak Ibu Prita yang dipenjara akibat melanggar UU ITE,  kita semua taulah gimana cerita Ibu prita itu.

Gue khawatir ntar gue dikira nyebarin informasi berbahaya untuk konsumsi umum. Padahal kalo gue lihat hasil googling dengan keyword semtex hasilnya 680.000..nah itu orang-orang yg nulis artikel apa gak kena pelanggaran UU ITE?

Buat yg belum tau..semtex itu adalah bahan peledak jenis plastik jadi artinya bisa meledak..hehehe.. diciptakan pada tahun 1966 oleh Stanislav Brebera, seorang ahli kimia yang saat itu bekerja di perusahaan VCHZ Synthesia, di kota Semtin, Cekoslovakia. Kota Semtin menjadi asal muasal nama “Semtex”. Kini Semtex masih diproduksi oleh VCHZ Synthesia, yang sudah berganti nama menjadi Explosia dan berbasis di Republik Ceko.

Semtex itu masuk kategory high-explosive yg artinya kira-kira..Gampang meledak. Biasanya dipake untuk komersil, untuk merubuhkan gedung, militer dll. Semtex itu bahan peledak yg di ekspor; vietnam utara waktu perang vietnam pernah menerima 14 ton, tapi yg paling banyak beli semtex adalah Libya yang beli sampe 700 ton dari tahun 1975 sampe 1981. Semtex adalah bahan yang paling banyak dipake teroris karena mudah didapat, terbuat dari bahan plastik yg cukup kuat (heran ya plastik kok bisa meledak).

Salah satu kejadian yg membuat semtex naik daun adalah meledaknya pesawat Pan Am 103.  Kejadian itu yg bikin semtex ngetop karena dibuat dari bahan plastik yg artinya tidak berbau, tidak terdeteksi juga mudah dibentuk sebagai gulungan benang sehingga tidak terdeteksi oleh pihak berwenang.

Thanx wikipedia Indonesia

~ by Ali Imran on June 4, 2009.

Leave a Reply

 
