Say no to Pneumonia

Pernah mendengar istilah paru-paru basah? Ya, paru-paru basah juga dikenal dengan istilah medis pneumonia. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri S. pneumoniae dan menyebabkan kantung udara dalam paru-paru (alveoli) dipenuhi cairan atau nanah sehingga penderita sulit untuk bernapas.

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, antara lain bakteri, virus, dan jamur. Ini menyebabkan radang kantung udara di paru-paru, yang bisa terisi cairan atau nanah, sehingga sulit bernapas. Gejala pneumonia dapat berupa batuk, demam, kesulitan bernapas, nyeri dada, dan kelelahan. Ini dapat berkisar dari ringan hingga parah dan dapat mengancam jiwa, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua, anak kecil, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Pneumonia dapat diobati dengan antibiotik dan perawatan suportif, seperti terapi oksigen. Penting untuk mencari pertolongan medis jika Anda menduga Anda menderita pneumonia.

Semua orang berisiko terkena Pneumonia tanpa memandang umur namum risiko tersebut dapat meningkat pada bayi dan lanjut usia serta karena beberapa faktor dan gaya hidup seperti : koinfeksi dengan COVID 19, penyakit paru kronis (termasuk Asma), penyakit Jantung Kronis, penyakit Liver Kronis, Diabetes, Perokok Berat, peminum alkohol.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑